<>

Sabtu, 02 November 2013

Cara Menyetem Bass Gitar

 

Cara Menyetem Bass Gitar

 

 

1 Menyetem dengan garpu tala A


Nada senar/senar A (senar ke 3) dalam kondisi open string / tidak ada fret yang ditekan, disamakan dengan nada garpu tala A. Selanjutnya nada A pada senar E (senar ke 4, fret ke 5 ditekan) disamakan dengan senar ke 3 open string, demikian juga senar D (ke 2) disamakan dengan nada D pada senar A dan seterusnya.
 

 

2 Menyetem dengan tuner


Hubungkan out put jack bass pada input tuner kemudian hidupkan tuner, petik masing-masing senar sesuaikan nada dengan melihat indikator tuner. Pada umumnya indikator pada tuner, berupa lampu LED, atau jarum penunjuk view meter.
 

 

3 Menyetem dengan fine tuning nada harmonik


Cara menyetem dengan teknik fine tuning adalah teknik menyamakan nada senar ke 1 dengan senar lain melalui petikan senar lepas yang disentuh ringan oleh jari kiri tepat diatas fret ke 5, 7 dan 12. Misalnya senar G diatas fret ke 5 bersamaan dengan senar D fret ke 7. Dua nada harmonik bunyi bersamaan. Bila pitch nadanya kurang tepat terdengar suara yang bergelombang (vibrasi). Sebelum senar satu disamakan dengan senar yang lain, senar ke 3 (A) harus sudah disamakan dengan penala yang standar (garpu tala, atau yang lain).

 

 

Kunci Bass

download buku

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments